Realitas
Pemasaran Baru
“pasar tidak lagi seperti dulu.” Pemasar harus
memerhatikan dan merespons sejumlah perkembangan signifikan.
A. Kekuatan
Kemasyarakatan Utama
Kini pasar enjadi berbeda secara radikal sebagai hasil
dari kekuatan-kekuatan kemasyarakatan utama yang kadang-kadang saling
berkaitan,yang telah menciptakan perilaku baru, peluang baru, dan tantangan
baru.
a. Teknologi informasi jaringan. Revolusi
digital telah menciptakan era reformasi. Era industry dicirikan oleh produksi
massal dan konsumsi massal, toko-toko penuh dengan barang, iklan dimana-mana,
dan diskon yang agresif.
b. Globalisasi. Kemajuan teknologi dalam
transportasi,pengiriman barang, dan komunikasi telah mempermudah dalam
memasarkan produk
c. Deregulasi. Banyak negara telah melakukan
deregulasi terhadap industri untuk menciptakan persaingan dan peluang
pertumbuhan yang lebih besar
d. Privatisasi. Banyak negara yang mengubah
perusahaan umum menjadi swasta demi meningkatkan efisiensinya
e. Persaingan yang meningkat. Produsen
merek menghadapi persaingan yang semakin ketat dari merek domestic dan asing.
Akibatnya biaya promosi meningkat dan margin keuntungan mengecil
f. Konvergensi industry. Batas-batas industry
mengabur dengan sangat cepat karena perusahaan-perusahaan menyadari adanya
peluang di persinggungan antar dua industry atau lebih
g. Resistensi konsumen. Studi yankelovich pada
tahun 2004 menemukan rekor penolakan pemasaran oleh konsumen. Mayoritas
responden yang disurvey memiliki pendapat negative tentang pemasaran dan
periklanan. Mereka mengaku menghindari produk yang mereka anggap berlebihan
dalam pemasarannya.
h. Transformasi eceran. Pengecer kecil menyerah
pada pengecer pengecer raksasa dan “pembunuh kategori”
i. Disintermediasi. Kesuksesan luar biasa
dari perusahaan-perusahaan dot com awal,yang menciptakan disintermediasi dalam
pengirman barang dan jasa dengan menjembatanialiran barang tradisional melalui
saluran distribusi, menimbulkan banyak
ketakutan dari banyak perusahaan manufaktur dan pengecer mapan
B. Kemampuan Baru
Konsumen
Pelanggan
masa kini menganggp perbedaan produk yang satu dengan yng lain hanya beda tipis
sehingga mereka kurng loyal terhadap satu merek. Mereka juga jadi semakin peka
terhadap harga dan kualitas dan pencarian mereka akan nilai. Perhatikan apa
yang dulu tidak dimiliki konsumen,namun kini mereka miliki:
a. Peningkatan yang berarti dalam hal daya
beli. Pembeli hanya memerlukan satu klik untuk membandingkan harga dan atribut
pesaing internet
b. Ragam barang dan jasa yang lebih banyak.
Pembeli dapat memesan barang secara online dari mana saja dan menghindari
tawaran local yang terbatas. Mereka juga bisa menghemat banyak dengan memesan
dari Negara dengan tingkat harga yang lebih rendah
c. Sejumlah besar informasi hampir tentang
apa saja. Orang dapat membaca surat kabar apapun dalm bahasa apa pun di mana
pun di dunia ini.
d. Kemudahan yang lebih besar dalam memesan
dan menerima pesanan. Pembeli masa kini dapat melakukan pemesanan dari rumah,
kantor atau telepon seluler 24 sehari, dan dengan cepat menerima barang yang
mereka pesan.
e. Kemampuan untuk membandingkan catatan
tentang produk dan jasa. Situs jaringan sosial menyatukan pembeli yang memiliki
nilai yang sama.
f. Suara
yang lebih kuat untuk mempengaruhi teman sepergaulan dan pendapat umum.
Internet mendorong timbulnya hubungan personal dan konten yang dihasilkan oleh
pengguna melalui media social dan jaringan social untuk satu kegunaan.
C. Kemampuan Baru Perusahaan
Kekuatan-kekuatan baru juga telah berpadu untuk
menghasilkan serangkaian kemampuan baru bagi perusahaan-perusahaan masa kini:
a. Pemasar dapat
menggunakan internet sebagai saluran informasi dan penjualan yang kuat,
memperluas jangkauan geografis mereka untuk memberi informasi kepada pelanggan
dan mempromosikan bisnis serta produk mereka di seluruh dunia.
b. Para peneliti
dapat mengumpulkan informasi yang lebih lengkap dan kaya tentang pasar,
pelanggan, prospek, dan pesaing.
c. Para manajer
dapat mempermudah dan mempercepat komunikasi internal diantara pegawai dengan
menggunakan internet sebagai internet pribadi.
d. Perusahaan juga
dapat mempermudah serta komunikasi eksternal diantara pelanggan dengan
menciptakan “gossip” online dan offline melalui para duta merek dan komunitas
pengguna.
e. Pemasaran
target dan komunikasi dua arah menjadi lebih mudah berkat perkembangan majalah
minat khusus, saluran TV, dan kelompok diskusi internet. Pemasok dan
distributor yang terhubung oleh ekstranet memampukan perusahaan mengirimkan
serat menerima informasi, menempatkan pesanan dan melakukan pembayaran secara
lebih efisien. Perusahaan juga dapat berinteraksi dengan pelanggan secara
individual sehingga pesan, layanan, dan hubungan menjadi lebih personal.
f. Pemasar dapat
mengirimkan iklan, kupon, sample, dan informasi kepada pelanggan yang
memintanya atau yang telah mengijinkan perusahaan untuk mengirimkannya kepada
mereka. Perusahaan kini dapat mengumpulkan informasi tentang pembelian,
preferensi, data demografis, serta potensi keuntungan yang diberikan pelanggan.
g. Perusahaan
dapat menjangkau pelanggan yang sedang bepergian dengan mobile marketing
h. Perusahaan dpat
memproduksi barang-barang yang didiferensiasikan secara individu, baik yang
dipesan secara pribadi, melalui telepon, atau secara online, berkat kemajuan
dalam penyesuaian pabrik, komputer, internet, dan perangkat lunak pemasaran
database.
i. Manajer dapat
memperbaiki pembelian, perekrutan, pelatihn, dan komunikasi internal serat
eksternal.
j. Pembeli
korporat bisa melakukan penghematan yang berarti dengan menggunakan internet
untuk membandingkan harga penjual dan untuk membeli materil dalam lelang atau
dengan menampilkan syarat-syarat mereka sendiri.
k. Perusahaan juga
dapat merekrut karyawan baru secara online. Banyak pula perusahaan yang
menyiapkan produk peltihn internet untuk di download oleh karyawan, dealer, dan
agen.
Studi Kasus : Strategi
Penjualan XL
Menjadi orang sukses dan produk bisa laku dipasaran
bak kacang goreng itu mudah asal bisa memilih strategi yang benar-benar jitu.
XL salah satu perusahaan telekomunikasi ternama di
Indonesia saat ini bisa bersaing dengan perusahaan lainnyaa seperti Indosat dan
Telkomsel. Padahal pesaingnya selalu membuat sensasi baru dan promosi yang bisa
mengalahkan XL . Mengaa XL masih bisaertahan bahkan bisa bersaing dengan
mereka?
Strategi penjulan kartu XLyang digunakan perusahaan PT Excelcomindo
Pratama Tbk inilah yang patut anda tiru. Ya, saya juga pengguna kartu Xl dan
setiap hari saya menggunakan layanannya. Ingat Sule, siapa dia? Artis tentunya
dan dia adalah salah satu artis yang dipilih XL untuk mengiklankan kartu
tersebut.
Saya tidak akan membahas tentang Sule disini, tapi
sedikit berbicara sosok artis yang bekerjasama dengan Xl. Perusahaan
telekomunikasi ini berdiri sejak tahun 1996 yang memberikan pelayanan kepada
masyarakat untuk menggunakan kartu serba bisa baik untuk telepon, SMS, MMS,
internetan dan juga layanan lainnya.
Anda pilih yang mana? Semua bisa kita lakukan bukan
hanya dengan kartu Xl. Apakah anda sudah puas ketika memakai kartu ini?
Itulah yang dipikirkan Xl, kepuasan konsumennya. Buat
apa anda menjual produk banyak tapi pelanggan tidak puas? Tujuan Xl bukanlah
mencapai peringkat teratas diantara perusahaan telekomunikasi namun tujuannya
adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Bagaimana pelanggan bisa puas dengan
menggunakan kartu Xl saja.
Inilah strategi penjualan kartu Xl yang selalu
dikembangkan untuk memikat lebih banyak pelanggan.
Strategi penjualan kartu Xl yang bertujuan untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan diwujudkan dengan memberikan pelayanan yang
maksimal pada konsumen.
Pelayanan tersebut diwujudkan dengan perluasan
jaringan Xl yang bisa dijangkau dimana saja seperti halnya di daerah pelosok
nusantara.
Dulu hanya Telkomsel saja yang mampu menjangkau daerah
pelosok sehingga orang hanya menggunakan Telkomsel saat berada di wilayah yang
sulit dijangkau. Tapi Xl berusaha untuk memperluas jaringan dan juga memberikan
pilihan pada konsumen. Xl juga selalu berinovasi, inovasi ini juga menjadi
strategi penjualan kartu Xl pada perusahaan telekomunikasi ini.
Jika kita beli kartu Xl di counter Hp, banyak bukan
pilihan yang bisa kita beli? Inovasi Xl semakin ditingkatkan dengan membuat
gaya baru pada kartu perdananya.
Bagaimana masyarakat semakin antusias membeli kartu
ini sehingga mereka tidak akan kecewa justru mereka akan senang dengan layanan
dan harga yang ditawarkan Xl.
Tak tanggung-tanggung harga kartu perdana Xl yang
dipasarkan sangat terjangkau dengan layanan suara yang jernih sepanjang masa,
sms yang tak ada matinya dan juga tarif yang begitu murah. Xl juga membangun
jaringan yang kuat di Sumatra dan Jawa sebagaistrategi penjualan kartu Xl.
Semakin banyak konsumen Xl saat ini, kemudian Xl
dengan strategi penjualan kartu Xl memberikan solusi baru dengan meningkatkan
layanan tarif prabayar dan pasca bayar serta beberapa layanan yang tak kalah
dengan Telkomsel dan Indosat.
Wah, bagaimana dengan kita, tentu bingung jika melihat
persaingan perusahaan telekomunikasi saat ini. Kselain itu Xl juga tak kalah
seru ketika mengiklankan produknya.
Sejumlah artis seperti Sule juga digaet. Sebisa
mungkin artis terkenal tersebut diajak kerjasama untuk menarik banyak konsumen,
alhasil Xl mampu mendapatkan banyak konsumen dengan sosok artis terkenal.
Dengan meningkatkan kwalitas dan tarif yang begitu bersahabat dengan semua
kalangan masyarakat ini, Xl mampu bertahan sampai saat ini. Kalau anda
berbisnis, mari mengambil poin-poin penting dari strategi penjualan kartu Xl
ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar