BAB 7 MENGANALISIS PASAR BISNIS
Pembelian Organisasional
Definisi :
proses pengambilan keputusan dimana melalui proses ini organisasi formal
menetapkan apakah mereka perlu membeli produk/jasa dan mengidentifikasi,
mengevaluasi serta memilih merek dan pemasok
Pasar Bisnis
Pasar bisnis
terdiri dari semua organisasi yang mendapatkan barang dan jasa yang digunakan
untuk memproduksi produk/jasa lain yang kemudian dijual/disewakan/dipasok ke
organisasi lain
·
Karakteristik
pasar bisnis :
Pembeli yang
lebih sedikit tetapi lebih besar Pemasar bisnis biasanya berhubungan dengan
pembeli yang jauh lebih sedikit tetapi jauh lebih besar dibandingkan pemasar
konsumen, terutama dalam industri seperti mesin pesawat terbang dan senjata
pertahanan.
·
Hubungan
pemasok-pelanggan yang erat :
Karena basis
pelanggan yang lebih kecil serta pengaruh dan kekuatan pelanggan yang lebih
besar, pemasok sering diharapkan bisa menyesuaikan penawaran merek dengan
kebutuhan pelanggan bisnis secara individu
·
Pembelian
profesional
Pembeli
profesional menghabiskan karier untuk mempelajari bagaimana cara membeli yang
lebih baik.
·
Pengaruh
pembelian berganda
Umumnya
keputusan pembelian bisnis dipengaruhi lebih banyak orang.
·
Panggilan
penjual berganda
Satu studi
yang dilakukan McGraw-Hill menemukan bahwa diperlukan 4 sd 4.5 panggilan
untukmenutup rata-rata penjualan industri.
·
Permintaan
turunan
Permintaan
untuk barang bisnis pada dasarnya diturunkan dari permintaan barang konsumen.
Untuk alasan ini, pemasar bisnis harus mengamati secara teliti pola pembelian
konsumen akhir.
·
Permintaan
inelastis
Total
Permintaan untuk bebragai barang dan jasa bisnis bersifat inelasatis-artinya,
tidak banyak dipengaruhi oleh perubahan harga.
·
Permintaan
berfluktuasi
Permintaan
barang & jasa bisnis cenderung tidak stabil dibandingkan dengan permintaan
barang & jasa konsumen.
·
Pembeli
terkonsentrasi secara geografis
Konsentrasi
produsen secara geografis membantu mengurangi biaya penjualan. Pada saat yang
sama, pemasar bisnis harus mengamati perubahan regional dalam industri
terntentu.
·
Pembelian
langsung
Pembeli
bisnis sering membeli langsung dari produsen dan tidak melalu perantara,
terutama barang-barang rumit secara teknis atau mahal seperti komputer
mainframe atau pesawat terbang.
Situasi Pembelian
·
Pembelian
kembali secara langsung : departemen pembelian langsung melakukan pembelian
ulang dari pemasok yang disetujui
·
Pembelian
kembali modifikasi : departemen pembelian melakukan modifikasi spesifikasi
·
Tugas
baru : pembeli membeli jasa/produk untuk pertama kali
·
Pembelian
sistem : pembelian solusi total suatu masalah dari satu penjual.
Pusat Pembelian
Ø Pusat pembelian : unit pengambil
keputusan dari organisasi pembelian
Ø Meliputi semua anggota organisasi :
·
Pencetus
(initiator) : Pengguna atau orang lain dalam organisasi yang meninta membeli
sesuatu.
·
Pengguna
(user) : Mereka yang akan menggunakan produk atau jasa
·
Pihak
yang mempengaruhi (influencer) : Orang yang mempengaruhi keputusan pembelian,
sering dengan membantu mendefinisikan spesifikasi dan menyediakan informasi
untuk mengevaluasi alternatif-alternatif.
·
Pengambil
keputusan (decider) : Orang yang memutuskan persyaratan produk atau pemasok
·
Pemberi
persetujuan (approver) : Orang yang mengotorisasikan tindakan yang direncanakan
oleh pengambil keputusan tau pembeli.
·
Pembeli
(buyer) : Orang yang mempunyai otoritas resmi untuk memilih pemasok dan
mengatur syarat pembelian
·
Penjaga
gerbang (gate keeper) : Orang yang mempunyai kekuatan untuk mencegah penjual
atau informasi agar tidak menjangkau anggota pusat pembelian.
Ø Pengambil keputusan adalah individu,
bukan organisasi (Webster)
Ø Penjual kecil berkonsentrasi
menjangkau influencer kunci, sementara penjual besar melakukan penjualan
multilevel yang mendalam
Proses Pembelian (Procurement)
·
Usaha
pembeli bisnis mendapatkan paket manfaat tertinggi dengan membandingkan dan
menerjemahkan semua biaya dan manfaat keistilah moneter
·
Tugas
pemasar : menghantar nilai pelanggan yang unggul kepada pembeli sasaran
·
Departemen
Pembelian : misi saat ini adalah mencari nilai terbaik dari pemasok yang lebih
sedikit dan lebih baik
Tahap Proses Pembelian
1. Pengenalan masalah
2. Deskripsi kebutuhan umum dan
spesifikasi produk
3. Pencarian pemasok
·
Situs
katalog
·
Pasar
vertikal
·
Situs
lelang “pure play”
·
Pasar
spot (atau bursa)
·
Bursa
Pribadi
·
Pasar
barter
·
Aliansi
pembelian
E-Procurement
Perusahaan
dapat menggunakan e-procurement dengan cara :
o
Membangun
link-link ekstranet langsung ke pemasok utama
o
Membentuk
aliansi bisnis
o
Mendirikan
sistus pembelian perusahaan
4. Mencari Petunjuk
5. Pengumpulan Prosal
6. Pemilihan Pemasok (vendor)
7. Mengatasi Tekanan Harga
8. Spesifikasi Pesanan – Rutin
9. Tinjauan Kinerja
Hubungan dalam Bisnis-ke-Bisnis
·
Dibedakan
oleh alternatif, pentingnya dan kompleksitas pasokan, dinamisme pasar
·
Hubungan
pembeli-pemasok digolongkan menjadi :
o
Pembelian
dan penjualan dasar
o
Pembelian
per elemen
o
Transaksi
kontraktual
o
Pasokan
pelanggan
o
Sistem
kerjasama
o
Kolaboratif
o
Adaptif
di kedua pihak
o
Pelanggan
adalah raja
Menciptakan
kepercayaan adalah salah satu syarat hubungan jangka panjang yang sehat
Risiko dan Oportunisme
·
Koordinasi
vertikal : memperkuat ikatan pelanggan-penjual, sekaligus meningkatkan risiko
terhadap investasi khusus
·
Investasi
khusus : pengeluaran yang dirancang khusus untuk perusahaan tertentu dan mitra
rantai nilai
·
Risiko
: adanya sunk investment
·
Oportunisme
: Penghindaran/perbuatan curang dengan tidak menghantar nilai yang diharapkan
Pasar Lembaga dan Pemerintah
·
Pasar
institusional : lembaga yang harus menyediakan barang dan jasa kepada orang
yang mereka urus
·
Anggaran
yang rendah dan pelanggan yang captive
·
Cenderung
diharuskan banyak pekerjaan administratif serta lebih menyukai penawaran
terbuka
·
Penyesuaian
penawaran dengan kebutuhan dan prosedur khusus
Pasar Lembaga dan Pemerintah
·
Keluhan
:
o
negara
memperlihatkan favoritisme kepada perusahaan nasional
o
Birokrasi,
regulasi, penundaan pengambilan keputusan, pergantian personel pengadaan
CONTOH
PERTANYAAN :
Ø Apakah pasar bisnis itu, dan apa
bedanya dengan pasar konsumen?
Pasar bisnis (Business Market) terdiri dari semua organisasi yang
mendapatkan barang dan jasa yang digunakan untuk memproduksi produk atau jasa
lain yang kemudian dijual, disewakan, atau dipasok ke organisasi lain.
Karakteristik yang sangat berlawanan dengan pasar konsumen :
-
Pembeli
yang lebih sedikit tetapi lebih besar
-
Hubungan
pemasok-pelanggan yang lebih erat
-
Pembelian
profesional
-
Pengaruh
pembelian berganda
-
Panggilan
penjualan berganda
-
Permintaan
turunan
-
Permintaan
inelastis
-
Permintaan
yang berfluktuasi
-
Pembeli
yang berkonsentrasi secara geografis
-
Pembeli
langsung
Ø Apa situasi pembelian yang dihadapi
pembeli organisasional?
Pembeli bisnis harus memutuskan banyak hal sebelum melakukan pembelian.
Ketiga jenis situasi pembeli itu adalah pembeli kembali langsung, pembeli
kembali modifikasi, dan tugas baru.
• Pembelian kembali secara langsung : departemen
pembelian langsung melakukan pembelian ulang dari pemasok yang disetujui
• Pembelian kembali modifikasi :
departemen pembelian melakukan modifikasi spesifikasi
• Tugas baru : pembeli
membeli jasa/produk untuk pertama kali
• Pembelian sistem : pembelian
solusi total suatu masalah dari satu penjual.
Ø Siapa yang berpartisipasi dalam
proses pembelian bisnis-ke-bisnis?
Pusat pembelian meliputi semua anggota organisasi yang memainkan salah
satu dari tujuh peran dalam proses keputusan pembelian.
• Pencetus (initiator) : Pengguna atau
orang lain dalam organisasi yang meninta membeli sesuatu.
• Pengguna (user) : Mereka
yang akan menggunakan produk atau jasa
• Pihak yang mempengaruhi (influencer) :
Orang yang mempengaruhi keputusan pembelian, sering dengan membantu
mendefinisikan spesifikasi dan menyediakan informasi untuk mengevaluasi
alternatif-alternatif.
• Pengambil keputusan (decider) : Orang
yang memutuskan persyaratan produk atau pemasok
• Pemberi persetujuan (approver) : Orang
yang mengotorisasikan tindakan yang direncanakan oleh pengambil keputusan tau
pembeli.
• Pembeli (buyer) : Orang yang mempunyai
otoritas resmi untuk memilih pemasok dan mengatur syarat pembelian
• Penjaga gerbang (gate keeper) : Orang
yang mempunyai kekuatan untuk mencegah penjual atau informasi agar tidak
menjangkau anggota pusat pembelian.
Ø Bagaimana pembeli bisnis mengambil
keputusan mereka?
-
Pengenalan
msalah
-
Deskripsi
kebutuhan umum dan spesifikasi produk
-
Pencarian
pemasok
-
Mencari
petunjuk
-
Pengumpulan
proposal
-
Pemilihan
pemasok (Vendor)
-
Spesifikasi
pesanan rutin
-
Tinjauan
kinerja
Ø Bagaimana perusahaan dapat membangun
hubungan yang kuat dengan pelanggan bisnis?
·
Pembelian
dan pejualan dasar
·
Pembelian
per elemen
·
Transaksi
kontraktual
·
Pasokan
pelanggan
·
Sistem
kerja sama
·
Kolaboratif
·
Adaptif
di kedua pihak
·
Pelanggan
adalah raja
Ø Bagaimana pembeli institusional dan
badan pemerintah melakukan pembelian mereka?
·
Pasar
institusi terdiri dari sekolah, rumah sakit, rumah perawatan, penjara, dan
lembaga lain yang harus menyediakan barang dan jasa kepada orang-orang yang
mereka urus. Banyak dari organisasi ini memiliki angaran yang rendah dan
kelompok pelanggan yang captive.
How to use sunscreen with zinc oxide and titanium dioxide
BalasHapusThe titanium mug anti-oxidant anti-oxidant anti-oxidant pure titanium earrings anti-oxidant anti-oxidant anti-oxidant titanium water bottle is a nutrient aftershokz titanium that is essential to croc titanium flat iron the body.